Minggu, 27 November 2011

Manfaat Daun Pepaya

Salah satu sayur yang saya gemari adalah sayur daun papaya. Entah sayur tersebut ada kuahnya atau berbentuk tumis. Padahal, banyak orang yang “emoh” dengan sayur daun papaya. Kebanyakan, anak-anak muda lebih menghindari sayur ini karena rasanya yang kurang enak atau pahit. Namun tidak bagi saya. Saya sangat menyukai sayur daun papaya ini. Apalagi daun papaya ini dimasak oseng-oseng atau tumis yang pedas rasanya. Hemmmmm, bikin ngiler nih rasanya.

Sudah 2 minggu ini, langganan warung yang saya beli “ tumis daun papaya” kehabisan stok daun pepayanya. Lalu, ibu pemilik warung mengganti dengan daun singkong yang rasanya tidak pahit. Malahan, ibu tersebut “nyelethuk” dan berkata; “Malah enakan ini, mas. Daun papaya kan, rasanya pahit?”. Lalu saya jawab; “Justru karena rasanya yang agak pahit itulah yang saya suka, bu. Disamping itu, kandungan gizi dalam daun papaya sangat banyak, lho?...”.

Teman, saya mengetahui kandungan gizi daun papaya ini sejak saya SMU dulu. Karena kandungan gizi & manfaatnya yang sangat banyak itulah membuat saya menyukai sayur daun papaya, meski rasanya agak pahit dilidah.

Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Bouchut secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan daun pepaya bersifat antitumor atau kanker.

Peran itu dimungkinkan oleh kandungan senyawa karpain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan konfigurasi itu, tak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan, karpain ternyata juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan.

Sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus. Daun pepaya juga mengandung berbagai macam zat, antara lain vitamin A, B1, kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, dan air.

Selain itu Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Bahan-bahan tersebut biasanya dipadukan dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Selain bermanfaat bagi kulit, daun pepaya terutama dapat digunakan untuk kesehatan wanita antara lain untuk mengobati keputihan, demam akibat nifas, melancarkan haid dan melancarkan air susu ibu (ASI). Beberapa penyakit lain seperti flu, malaria dan demam juga dapat memanfaatkan daun pepaya sebagai penangkalnya.

Lebih lanjut cara menggunakan daun pepaya untuk mengobati penyakit sebagai berikut:

1. Jerawat
Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Oleskan sarinya pada jerawat.

2. Keputihan
Ambil satu lembar daun pepaya, satu potong akar rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya. Selanjutnya daun pepaya dicincang halus, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring kemudian diminum satu kali sehari satu gelas dan dilakukan secara teratur.

3. Mencegah Demam Nifas
Sehelai daun pepaya muda dicuci, iris-iris, rebus dengan gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal 1/2. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama dua hari berturut-turut.

4. Melancarkan Haid
Dua helai daun pepaya dicuci, tumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus satu kali sehari.

5. Melancarkan ASI
Beberapa helai daun pepaya dicuci, layukan di atas api. Hangat-hangat ditaruh di sekeliling payudara.

6. Obat Malaria dan Demam
Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.

7. Menambah Nafsu Makan
Sehelai daun pepaya segar dicuci, lumatkan, beri garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras. Minum airnya sekaligus.

8. Malnutrisi
Satu lembar daun pepaya direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.

9. Flu
Cuci tiga helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum dua kali sehari untuk anak-anak, dan empat kali sehari untuk dewasa.

Nah, bagaimana sekarang? Apa anda masih kurang berminat dengan sayur daun pepaya ini?...

Semoga bermanfaat...^_^

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008