Selasa, 05 April 2011

Seri Psikologi; Kepribadian Phlegmatis Damai ( 5 )

Watak Dasar: Introvert – Pengamat – Pesimis

Emosi Phlegmatis Damai:
- Rendah Hati
- Mudah bergaul dan santai
- Diam, tenang, mampu
- Sabar, baik keseimbangannya
- Hidup konsisten
- Tenang tetapi cerdas
- Simpatik dan baik hati
- Bahagia menerima kehidupan
- Tidak tergesa-gesa
- Bisa mengambil yang baik dari yang buruk
- Tidak mudah marah
- Menjadi penengah masalah
- Menghindari konflik
- Suka mengawasi orang
- Punya belas kasihan dan perhatian
- Tidak suka menyinggung
- Menemukan cara yang mudah
- Suka menganalisis orang
- Punya banyak teman


Deskripsi Awal
Memahami watak-watak merupakan langkah pertama untuk memahami orang lain. Kalau kita tidak bisa melihat dan mengetahui perbedaan bawaan (watak) orang lain dari lahir dan tidak mau menerima mereka apa adanya, maka kita akan stress dan mudah berprasangka buruk kepada orang lain.

Setelah kita memahami watak-watak, kita bisa memetik pelajaran bahwa di ruang lingkup terkecil kita yaitu keluarga, dianugerahkan bermacam-macam watak. Ada yang sanguinis, melankolis, koleris dan ada yang phlegmatis.

Allah tidak menciptakan manusia hanya sanguinis saja kan? Atau, melankolis saja kan? Iya, itulah jawaban yang benar. Kenapa, karena bila Allah menciptakan satu jenis saja maka akan seperti malaikat atau setan. Tetapi manusia, tidak.

Anak-anak Phlegmatis
Allah menciptakan watak Phlegmatis yang Damai ini tujuannya adalah untuk menjadi bantalan emosi bagi tiga watak lainnya untuk memberikan kestabilan dan keseimbangan. Ya, orang Phlegmatis Damai adalah pemberi keseimbangan besar bagi kita semua. Maka ciri-ciri ini bisa kita lihat ketika anak sejak kecil sudah menjadi tumpuan kebijakan bagi teman-teman sebayanya.

Anak-anak phlegmatis ini sejak kecil sudah pandai dalam hal menjadi penengah apabila ada temannya yang bertengkar karena mempunyai kedewasaan lebih dan lebih bijaksana ketimbang teman-temannya yang lain.

Anak-anak Phlegmatis Damai ini juga emosinya stabil, tidak meluap-luap seperti Sanguinis, tidak selalu murung seperti Melankolis dan tidak terlalu memaksakan kehendaknya seperti anak Koleris.

Dia mudah diajak bergaul dan mudah menyesuaikan diri dengan situasi apa saja. Anak Phlegmatis cocok dimanapun tempat dan kondisinya, bisa bicara dengan cerdik atau berdiam diri bila waktunya.

Remaja Phlegmatis Damai
Karena sifat-sifat terpujinya sejak kecil, maka ketika remaja dan dewasa-pun, remaja Phlegmatis ini menjadi orang bijak diantara teman-temannya. Ia dijadikan rujukan untuk menyelesaikan suatu masalah atau konflik antar teman, kelompok bahkan satu instansi yang dia bekerja di dalamnya.

Emosi Phlegmatis Damai ini bisa dibilang paling stabil disbanding ketiga watak lainnya seperti; selalu tenang, tidak cepat marah, terkendali dibawah stress, tidak pernah impulsif, logis, bisa diandalkan, loyal dan sabar.

Orang Dewasa Phlegmatis Damai
Orang dewasa Phlegmatis ini apabila menjadi pemimpin, dia kerap melepaskan kedudukan itu sebelum dia dilihat orang. Dia tidak memerlukan penghargaan, dan dia tentu tidak ingin menjadi terkenal seperti orang Sanguinis. Tujuannya hanya satu, yaitu menjadikan damai bagi seluruh komponen.

Orang dewasa Phlegmatis ini sangat rendah hati. Hampir, dia tidak pernah membanggakan kedudukannya, kekayaannya, atau sesuatu yang bisa dibanggakan. Hal inilah yang membuat orang Phlegmatis Damai disukai oleh watak apapun karena sikap rendah hatinya dan mampu untuk menjadi penasihat terbaik bagi mereka.

Phlegmatis Damai Sebagai Pasangan hidup atau Orangtua
Sungguh beruntung orang yang mempunyai pasangan hidupnya seorang Phlegmatis Damai. Apapun karakter anda, mampu diimbangi oleh orang Phlegmatis ini. Anda seorang sanguinis, maka pasangan anda bisa diam untuk mengimbangi anda. Atau, anda seorang Melankolis, maka pasangan anda juga bisa menghibur anda dengan pembicaraan yang menghibur.

Orang Phlegmatis yang Damai, menjadi orangtua yang baik sekali bagi anak-anaknya, walaupun mereka lemah dalam hal kedisiplinan. Sikap orangtua yang bijak, membuat anak-anak menjadi bangga dan puas mempunyai orangtua seperti ini. Orangtua yang Phlegmatis ini juga tulus menerima perbedaan dalam keluarga.

Orangtua Phlegmatis yang Damai juga bisa jadi pelerai yang andal bagi anak-anaknya. Mereka tidak pilih kasih dalam melerai, dan tidak ada yang dirugikan pabila orangtua ini menjadi penengah bagi anak-anaknya.

Pekerjaan yang sesuai dengan watak ini adalah:
- Psikolog
- Psikiater
- Terapis
- Guru
- Penengah
- Penasihat
- Agamawan
- Dan pekerjaan yang memerlukan kebijaksaan lainnya

Beberapa orang yang saya kenal atau saya ketahui memiliki watak ini:
- Keluarga: Kakek kandung, Kakek dari Istri
- Rekan Sejawat: Drs. H. Miftahul Huda, Ivan Alvian, Teguh Setyiobudi, Nurul Inayah
- Anak Didik: Anas Faishol, Sundus Hidayah, Ahmad Muthowwik, Fita Sulistyaningsih

Kesimpulan dan Saran:
Oh, betapa dunia ini memerlukan orang Phlegmatis yang Damai. Kestabilan untuk tetap berada diatas pilar. Kesabaran untuk menghadapi provokator. Kemampuan untuk mendengarkan, sementara orang lain harus berbicara meluap-luap. Bakat bermeditasi, mempersatukan kekuatan-kekuatan yang saling berlawanan. Bahkan, musuh pun kesulitan untuk menemukan hal yang buruk dari orang Phlegmatis ini.

Melihat emosi yang stabil dan nilai-nilai plus lainnya, maka saya tidak menemukan (sulit menemukan) kekurangan bagi orang yang mempunyai watak ini. Tapi, tiap orang punya kekurangan kan? Nah, kekurangannya watak Phlegmatis ini menurut saya ada dalam diri mereka sendiri yang kurang bisa mengoptimalkan nilai-nilai plusnya.

Dan yang terakhir, biasanya tidak banyak orang yang mempunyai watak ini. Dalam satu tempat (ruang lingkup) kehidupan kita, mungkin ada satu atau dua orang saja yang seperti ini.

Bagaimana, apakah anda dominan mempunyai ciri-ciri diatas?
Berbanggalah & bahagialah, anda Seorang Phlegmatis yang Damai, sedamai hati anda…^_^

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008