Selasa, 29 Maret 2011

Seri Psikologi; Kepribadian Koleris Kuat ( 4 )

Watak Dasar: Ekstrovert – Pelaku – Optimis

Emosi Koleris Kuat:
- Berbakat pemimpin
- Dinamis dan aktif
- Sangat memerlukan perubahan
- Harus memperbaiki kesalahan
- Berkemauan keras dan tegas
- Tidak emosional bertindak
- Tidak mudah patah semangat
- Bebas dan mandiri
- Bisa menjalankan apa saja
- Menetapkan tujuan
- Berorientasi target
- Melihat secara keseluruhan
- Bergerak cepat
- Berkembang karena saingan
- Tidak terlalu perlu teman
- Mau bekerja keras
- Unggul dalam keadaan darurat


Deskripsi Awal
Orang Koleris yang Kuat adalah orang yang dinamis yang memimpikan hal-hal yang mustahil dan bertujuan meraihnya meski diluar jangkauannya. Orang Koleris Kuat ini selalu mengincar, meraih dan berhasil. Sementara orang Sanguinis Populer puas hanya bicara, dan orang Melankolis Sempurna berpikir, maka orang Koleris Kuat sudah mencapai target. Orang Koleris kuat ini punya watak paling mudah dipahami dan mudah diajak bergaul, selama anda mengikuti motto hidupnya; “ Lakukanlah dengan cara saya sekarang! Niscaya hidupmu sukses…”.

Orang Koleris Kuat mirip dengan Sanguinis Populer dalam hal sama-sama mudah bergaul dan optimistis. Orang dengan watak ini bisa berkomunikasi terbuka dengan orang lain, dia lebih banyak menyelesaikan pekerjaan daripada watak-watak lainnya.

Dilahirkan Sebagai Pemimpin
Orang Koleris Kuat sudah bisa dilihat sejak usia dini di kehidupannya. Mereka dilahirkan sebagai pemimpin dan akan melihat keluar dari terali ranjang bayinya serta merencanakan secepat apa dia mengambil alih kekuasaan dari ibunya. Anak-anak Koleris Kuat ini sejak kecil sudah menuntut hak dan menggunakan suara keras atau sikap ngambek untuk mengukuhkan kekuasaannya.

Kerapkali, ada orangtua yang tidak memahami kepribadian (personality), mereka beranggapan bahwa anaknya nakal dan suka memaksakan kemauannya di dalam rumah atau sekolah. Padahal, kalau orangtua tahu, anaknya mempunyai watak Koleris Kuat yang bila diarahkan dan dikembangkan, maka anak tersebut akan menjadi pemimpin dan orang besar di kemudian hari.

Kelebihan anak Koleris Kuat yang lain adalah dia bisa mengurus dan mendampingi adik-adiknya ketika orangtuanya sedang tidak ada dirumah atau sedang berbelanja. Inilah yang menjadikannya bisa hidup mandiri dan berkemauan keras ketika dewasa kelak.

Orang Koleris Kuat ketika Dewasa
Menginjak dewasa, orang Koleris Kuat ini sering memaksakan kehendak dan mereka merasa harus mengubah apa saja yang mereka lihat tidak pada tempatnya dan mengoreksi apa-apa yang tidak benar dari teman-temannya.

Ketika di organisasi, orang Koleris Kuat ini mempunyai kemauan kuat dan mempunyai kemampuan membuat keputusan besar. Mereka memecahkan masalah dan menghemat waktu, walaupun tidak semua orang menghargai ketegasan orang Koleris ini.

Orang Koleris Kuat mempunyai peranan yang berat dalam kehidupan. Tapi, mereka juga mampu untuk mencari solusi dari permasalahannya. Mereka juga tahu apa yang harus dilakukannya untuk mengatasi permasalahannya.

Karena sifatnya yang kuat ini, orang Koleris harus berusaha untuk mengurangi intensitas tindakan mereka dengan memberikan peluang ke orang lain untuk memasukkan ide atau gagasannya. Dan inilah kelemahan orang Koleris Kuat, mereka suka memaksakan idenya dan menafikan ide atau gagasan orang lain.

Orang Koleris Sebagai Pasangan Hidup atau Orangtua
Beruntunglah punya suami/istri orang Koleris Kuat ini. Mereka sangat bisa mandiri dan mau bekerja keras membantu anda dalam mencukupi kebutuhan keluarga. Karena sifatnya yang bukan pemalas, orang Koleris Kuat ini pintar dalam hal bernegosiasi, berorganisasi, sampai pengeluaran dan pemasukan tiap bulannya bisa diperhitungkan dengan baik.

Anak-anak yang mempunyai orangtua Koleris Kuat akan senantiasa mengajak berdiskusi, bermusyawarah dan bahkan berdebat untuk hal-hal yang sepele dengan anggota keluarganya. Keuntungannya punya orangtua yang Koleris Kuat ini adalah anak-anak dilatih sejak dini untuk berorganisasi dan kemampuan untuk meyakinkan orang lain agar mengikutinya. Namun, kekurangan orangtua Koleris Kuat ini adalah suka memerintah agar orang lain menjalankan pekerjaan atau tugas dengan baik dan benar dan akan marah bila hasilnya tidak sesuai dengan kemauan orang Koleris ini.

Orang-orang yang saya kenal mempunyai watak ini adalah:
1. Keluarga: Ayah Mertua, Kakak Ipar, Adik Ipar
2. Rekan Sejawat: Sugeng Ali Mansur, Tamimulloh
3. Teman: Irwansyah Wen, Liswan Hadi
4. Anak Didik: Nur Fianty, Abdul Aziz Alwa, Wuwuk Lusiana

Beberapa pekerjaan yang sesuai dengan watak ini adalah:
- Politikus
- Pengacara
- Jaksa
- Direktur Perusahaan
- Trainer Motivasi
- Pemimpin
- Ketua
- Dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan kepemimpinan

Kesimpulan dan Saran
Orang Koleris Kuat ini pada dasarnya sedikit sekali membutuhkan siapapun di sekelilingnya. Dia punya proyek, dan beranggapan bahwa bergaul membuang-buang waktu karena hal itu tidak menghasilkan apa-apa. Orang Koleris yang kuat akan bekerja untuk kegiatan kelompok kalau ada tujuannya dan dengan senang hati akan terjun mengorganisasi kegiatan mengumpulkan dana, menyebar proposal dan lain-lain. Oh, betapa orang Koleris Kuat ini menyukai keadaan darurat, sehingga mereka bisa muncul dalam situasi yang tidak terduga dan memimpin kelompok menuju arah baru, tujuan baru dan target-target apa saja yang harus dicapainya.

Saran saya untuk orang-orang Koleris Kuat ini adalah jangan terlalu memaksa kehendak dan kemauan anda dalam mengutarakan pendapat. Hargai pendapat orang lain juga meski pendapat mereka “kurang cocok” dengan pendapat anda. Niscaya, diri anda akan semakin berkharisma dan berwibawa di hadapan orang lain.

Bagaimana, apakah anda dominan mempunyai watak atau emosi ini?
Selamat, anda seorang Koleris Kuat dan berbakat untuk menjadi pemimpin…^_^

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008