Selasa, 29 Maret 2011

Seri Psikologi: Kepribadian Sanguinis Populer ( 2 )

Watak Dasar: Ekstrovert – Membicara – Optimis

Emosi Sanguinis Populer:
- Kepribadian yang menarik
- Suka berbicara
- Menghidupkan suasana
- Memiliki rasa humor yang tinggi
- Memukau orang lain dengan fisiknya
- Emosional & demonstrative
- Antusias & ekspresif
- Periang & penuh semangat
- Penuh rasa ingin tahu
- Baik di panggung luar
- Lugu & polos
- Hidup dimasa sekarang
- Mudah diubah
- Bukan pendendam
- Mengubah bencana menjadi humor

A. Anak-anak Sanguinis Populer
Setiap manusia dilahirkan dengan rangkaian ciri khas watak kita sendiri, pola mulai tampak sejak dini dalam kehidupan. Sanguinis Populer punya pembawaan mencari kesenangan dan permainan dari sejak mereka kecil. Bayi Sanguinis yang Populer (untuk selanjutnya saya tulis; Sanguinis Populer) bermain-main dengan apa saja yang bisa mereka temukan, tertawa dan mengoceh, dan senang bersama orang lain.

Sanguinis Populer mempunyai bakat yaitu menyenangkan orang lain, kepribadian mereka yang meluap-luap dan kharisma mereka yang alami menarik atau menawan hati orang banyak. Anak-anak Sanguinis Populer ini punya kelompok penggemar kecil yang selalu mengikuti kemana saja si anak Sanguinis Populer ini. Disebut Populer karena anak Sanguinis sangat populer (terkenal) diantara teman-teman sebayanya.

B. Remaja Sanguinis Populer
Sementara anak Sanguinis Populer tumbuh menjadi besar, mereka terus menarik orang banyak. Mereka menjadi ketua kelas, mendapatkan peran utama di kelasnya dan dikenal oleh guru-gurunya.

Remaja Sanguinis Populer ini suka membuat humor-humor atau menyela gurunya berbicara dalam kelas yang membosankan, menghidupkan suasana kelas, membuat kegaduhan bahkan kadang-kadang mereka lepas kendali. Tak jarang, remaja Sanguinis Populer ini sering ditegur oleh gurunya agar sedikit lebih serius dalam pelajaran.

Namun hebatnya, Sanguinis Populer ini meski dimarahi oleh gurunya, mereka tetap senyam-senyum saja seolah tidak ada kejadian yang menghentaknya. Ya, itulah kelebihan Sanguinis Populer yang tidak pernah menaruh dendam kepada siapapun.

Meski demikian, perlu diperhatikan oleh remaja Sanguinis Populer, supaya kesenangan dan permainan anda tidak melampaui batas.

C. Orang Dewasa Sanguinis Populer

Cara yang paling nyata untuk menemukan seorang Sanguinis Populer adalah dengan mendengar-dengarkan di setiap kelompok orang (entah itu dalam satu kelas, satu area perumahan, kelompok belajar, kelompok bermain dll) dan menemukan satu atau dua orang yang paling keras bicaranya dan mengobrol hampir terus-menerus dan mendominasi percakapan itu. Sementara orang dengan watak lainnya (misal Melankolis) hanya terdiam & terpukau dengan cerita-cerita atau bualan-bualan yang disampaikan oleh orang Sanguinis Populer tersebut.

Sanguinis Populer punya bakat bawaan untuk menjadi pusat perhatian, dan ciri khas ini, menjadikan mereka orang yang bisa menghidupkan pesta, kelas, forum-forum diskusi, kelompok belajar dan lainnya.

Kelebihan Sanguinis Populer lainnya adalah mereka mempunyai kemampuan unik untuk mengingat-ingat perincian hidup yang warna-warni. Baik pengalamannya sendiri maupun menceritakan pengalaman orang lain hingga kita dibuat takjub seolah-olah kita berada & mengalami kisah yang sedang diceritakan oleh orang Sanguinis Populer ini.

D. Sanguinis Populer Sebagai Pasangan Suami/istri atau Sebagai Orangtua
Beruntunglah seseorang yang mempunyai pasangan yang Sanguinis Populer. Beruntung karena anda tidak akan bosan karena pasangan anda akan senantiasa menghibur anda dan selalu mengajak bicara anda setiap waktu. Satu kelebihan lain yaitu bahwa Orang Sanguinis Populer ini sangat murah senyum.

Begitu juga bagi anak yang mempunyai orangtua yang Sanguinis Populer, akan selalu mengajak anak-anaknya untuk berbicara, bercerita dan bersenda gurau dimanapun. Ibu atau Ayah yang Sanguinis ini juga sangat disukai oleh teman anak-anaknya karena mereka sangat ramah dengan teman anak-anaknya dan tidak serem atau angker bagi teman anak-anaknya.

Namun, ada hal lain yang seharusnya orang Sanguinis ini untuk memperhatikan “panggung belakang”-nya, karena kadang-kadang mereka lupa mengurusi “panggung belakang” karena keasyikan dengan “panggung depan”. Rumah acak-acakan, pakaian kotor yang menumpuk, sisa-sisa sampah makanan di dapur dan lemari pakain yang penuh belum disetrika dan lain-lain. Inilah kelemahan orang Sanguinis Populer yang nampaknya keasyikan dengan “panggung depan”-nya sehingga sering mengabaikan “panggung belakang”-nya.

E. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang sesuai dengan karakter ini;
1. Entertainment
2. Orator
3. Motivator
4. Kuasa Hukum
5. Juru Bicara
6. Marketing
7. Dan pekerjaan-pekerjaan lain yg berhubungan dengan membicara & ke-optimis-an

F. Beberapa orang yang saya kenal yang mempunyai karakter diatas;
1. Keluarga: Ibu kandung, anak & istri saya (Anisatul Illiyin)
2. Rekan Sejawat: Umar Farouq, Halimi Zuhdy, Khumaidi, Ahmad Latukau, etc
3. Teman: Zaki Mubarok, Sri Wahyuningsih (Naning), Sayu Imang Baroroh,
4. Anak Didik: Hari Budi Setiawan, Prima, Faizah Elmanafiah, Wahyudi Syamsi, etc

G. Kesimpulan & Saran
Menyenangkan bergaul dengan orang-orang Sanguinis Populer ini. Karakter-karakter yang plus dalam kepribadian Sanguinis diantaranya: Periang (murah senyum), menghidupkan suasana dengan humor-humornya, bukan pendendam, bergaul dengan siapa saja tanpa pilah-pilih.

Saran saya untuk orang-orang Sanguinis ini adalah jangan berlebihan dalam bercanda atau berbicara, karena terkadang ada yang “kurang” suka dalam humor yang anda buat atau terkadang ada pembicaraan yang anda lontarkan tanpa disadari menyinggung perasaan orang lain. Dan yang terakhir, nampaknya orang Sanguinis Populer ini juga harus memperhatikan “panggung belakang”-nya juga.

Bagaimana, apakah anda dominan mempunyai ciri-ciri diatas?
Beruntunglah, anda Seorang Sanguinis Populer…^_^

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008