Selasa, 29 Maret 2011

Seri Psikologi: Watak Melankolis Sempurna ( 3 )

Watak Dasar: Introvert – Pemikir – Pesimis

Emosi Melankolis Sempurna:
Mendalam dan penuh pikiran
Analitis
Serius dan tekun
Cenderung jenius
Artistik
Filosofis dan puitis
Perasa terhadap orang lain
Suka berkorban
Idealis
Konseptor
Berorieantasi jadwal
Perfeksionis
Gigih dan cermat
Tertib dan terorganisir
Teratur dan rapi
Hati-hati dalam berteman
Setia dan berbakti
Terharu oleh airmata penuh belas kasihan
Mau mendengarkan orang lain
Puas di panggung belakang
Pendiam
Tertutup

Anak-anak Melankolis Sempurna
Anak-anak melankolis ketika masih bayi, kalau saya mendeskripsikannya adalah seorang bayi yang ‘sudah’ berpikir secara mendalam. Dia pendiam, tidak menuntut dan suka menyendiri. Dia tidak menyukai keramaian dan kebisingan dalam rumah, dan dia akan sulit menyesuaikan diri dengan baik ketika orangtuanya membawanya ke tempat-tempat yang baru atau tempat-tempat yang berbeda dengan rutinitasnya sehari-hari. Anak ini akan kelihatan murung dan bahkan bisa menangis karena dibawa ke tempat yang ‘asing’ baginya.

Remaja Melankolis Sempurna
Ciri khas masa kecil diatas (pendiam & jarang tersenyum) akan dibawanya hingga dewasa kelak. Sebagai seorang Remaja Melankolis Sempurna, dia serius dan dapat diandalkan oleh teman-temannya yang lain. Remaja Melankolis Sempurna ini lebih senang menjadi konseptor atau penulis daripada berbicara atau tampil di muka public.

Kelebihan lain dari Melankolis Sempurna ini adalah dia seorang pemikir. Mereka adalah orang-orang yang serius terhadap tujuan, mengabdi ketertiban dan keteraturan, serta sangat menghargai keindahan dan sesuatu yang bernilai seni. Tak heran bila di masa remaja mereka, orang-orang Melankolis Sempurna ini jago dalam hal membuat puisi, hobi membaca novel, dan di tas sekolahnya tak pernah absen membawa notebook (buku kecil atau diary) untuk sekedar menuliskan apa-apa yang dialiminya di hari itu.

Remaja Melankolis Sempurna ini juga tidak suka dengan senang-senang dalam kehidupannya sebagaimana yang dilakukan oleh Remaja Sanguinis Populer. Mereka lebih memilih untuk menganalisis rencana yang paling baik bagi kehidupan mereka kedepannya dan menyendiri di rumahnya.

Orang Dewasa Melankolis Sempurna
Kalau Sanguinis Populer ekstrovert, maka orang Melankolis Sempurna adalah introvert. Kalau orang Sanguinis Populer suka berbicara dan mengungkapkan segala-galanya, maka orang Melankolis Sempurna mendalam, tenang dan penuh pikiran. Kalau orang Sanguinis Populer mengahadapi permasalahan hidup ini dengan santai, maka orang Melankolis Sempurna ini bahkan memikirkan rencana hidupnya untuk 5 tahun kedepan.

Aristoteles mengatakan; “Semua orang jenius punya watak melankolis”. Penulis, pelukis, pencipta lagu, sastrawan biasanya orang Melankolis Sempurna karena mereka dilahirkan dengan potensi jenius, yang kalau dimotivasi dan dikembangkan secara semestinya, akan menghasilkan sesuatu yang monumental.

Saya ambil contoh Sang Maestro Michelangelo, sebelum dia memahat patung klasiknya Moses, David dan Pieta, dia melakukan penelitian yang intensif mengenai tubuh manusia. Dia pergi ke kamar mayat dan dia sendiri membedah mayat untuk mempelajari otot dan urat. Hasilnya, patung manusia buatannya dilindungi dan dihormati sampai hari ini dan menjadi benda langka. Begitu juga dengan orang-orang hebat lainnya, mereka cenderung mempunyai watak Melankolis.

Melankolis Sempurna sebagai Pasangan Hidup atau Orangtua
Pasangan hidup yang mempunyai suami atau istri Melankolis, anda pasti akan mangacungkan jempol karena mereka berpakaian secara bagus dan terawat dengan cermat. Laki-laki melankolis akan tampak sederhana dan efisien dalam berpakaian serta tidak neko-neko dalam berdandan dan berpakaian. Lain halnya dengan wanita melankolis, mereka juga tampak anggun dengan pakaian serasi dan sangat memperhatikan gaun atasnya dengan bagian bawahnya. Walau baju yang mereka kenakan tidak baru, namun terkesan rapi dan tidak kusam.

Anak-anak yang mempunyai orangtua yang Melankolis, akan melihat rumahnya selalu rapi, tertib dan anda tidak akan melihat ada debu yang menempel di ubin rumah sedikitpun. Ya, itulah keistimewaan orangtua yang melankolis yang selalu rapi, tertib dan selalu menjaga kebersihan. Namun orangtua melankolis seperti ini, mereka jarang akrab dengan teman-teman anaknya karena kurang bisa mengajak bercanda dan bermain dengan teman-teman anaknya. Orangtua melankolis akan kecewa bila anak-anaknya tidak bisa rapi dan bersih di keseharian mereka. Terkadang, sampai masalah baju-pun, orangtua melankolis akan memaksakan anaknya agar memakainya dan melarang yang itu untuk dipakai anaknya.

Karena orang melankolis ini serba idealis, tertib dan teratur, maka tak jarang orang melankolis ini akan ‘tersiksa’ bila melihat pasangan hidupnya dan anak-anaknya tidak teratur atau tidak sesuai jadwal, mereka akan marah bila pasangan hidupnya atau anaknya tidak meletakkan sesuatu pada tempatnya, misal; kunci di laci, sepatu di tempat sepatu, buku di rak buku, tempat gula atau garam yang tidak ditaruh kembali ke tempatnya dan hal-hal sepele lain yang kadang tidak masuk akal bila kita lupa meletakkannya.

Pekerjaan yang sesuai dengan watak ini adalah:
- Penulis
- Sastrawan
- Pelukis
- Pencipta Lagu
- Desainer
- Komikus
- Drafter
- Konseptor
- Dan pekerjaan lain yang behind the scene (dibelakang layar)

Beberapa orang yang saya kenal atau saya ketahui memiliki watak ini:
1. Keluarga: Saya sendiri, Adik kandung saya, Kakek
2. Rekan Sejawat: Danial Hilmi, Qomik Akit
3. Anak Didik: Devi Mamluatul Ulumi, Wardatul Jannah, Jazuli, Tyas Nur Aini

Kesimpulan dan Saran:
Teman, tanpa orang Melankolis Sempurna, kita tidak akan memiliki banyak puisi, seni rupa, kesusastraan, falsafah atau simfoni. Kita bisa kehilangan budaya, peradaban, cita rasa dan bakat yang begitu terpendam di dalam kehidupan kita.

Orang Melankolis yang Sempurna adalah jiwa, pikiran, semangat dan jantung kemanusiaan. Oh, betapa dunia ini memerlukan orang Melankolis yang Sempurna.

Namun, saran saya bagi orang-orang yang memiliki watak atau sifat seperti ini (termasuk diri saya sendiri) adalah berlatih untuk agar membiasakan tersenyum dan tidak berlebihan dalam menanggapi kehidupan ini. Just relax dan regangkan otot-otot muka anda, supaya tidak mudah stress dan bermuka masam. Dengan melatih dua kekurangan diatas, orang yang melihat anda tidak sungkan untuk mengajak bicara dengan anda dan supaya tidak kelihatan ‘angker’ karena jarang tersenyum…^_^

Dan satu lagi, belajarlah untuk menerima orang lain yang berbeda watak dengan anda. Karena, orang Melankolis ini pilah-pilih dalam berteman dan merasa nyaman dengan berteman dengan watak yang sama dengannya dan cenderung tidak menyukai orang yang berbeda dengannya.

Bagaimana, apakah anda dominan mempunyai ciri-ciri diatas?
Berbanggalah, anda Seorang Melankolis Sempurna…^_^

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008