Senin, 10 Januari 2011

Gaya Suami Mencemburui Istrinya

By. Anisatul Illiyin

Orang bilang cemburu itu biasa, milik semua orang. Pria, wanita, ulama atau siapa saja, semuanya pernah didera rasa cemburu.

Cemburu akan menerpa hati suami bila ia merasa dilupakan, diabaikan atau tidak diikutsertakan ketika istri membuat keputusan penting tanpa melibatkan suami, bisa jadi suami akan cemburu. Demikian pula ketika istri terlalu sibuk dengan kegiatan yang tidak melibatkan suami, rasa cemburu akan serta merta melanda.


Sesaat setelah lahirnya anak pertama, istri akan sibuk mencurahkan waktu, perhatian dan kasih sayang untuk bayi barunya. Aktivitas ibu memeluk, menimang, memandikan dan menyusui yang tidak pernah melibatkan sang ayah, membuat sang ayah merasa tersisihkan. Waktu yang tersita untuk mengurus bayi, anak dan rumah tangga membuat suami merasa terabaikan, apalagi bila suami istri mulai kehilangan waktu yang biasa digunakan berdua.

Laki-laki juga akan cemburu jika kehilangan status dan harga diri di muka umum. Egonya akan terluka parah jika dilecehkan, dihina dan disindir tajam di muka umum oleh pasangannya. Atau bila suami terlihat dan mendapat perlakuan yang dirasa lebih rendah dari istrinya. Misalnya perbedaan perlakuan karena sang istri yang pejabat sedangkan suaminya bukan. Selain itu laki-laki akan merasa nyaman dan dicintai, jika ia dikagumi oleh pasangannya. Sebaliknya ia akan cemburu bila pasangannya mengagumi orang lain selain dirinya.

Namun, laki-laki selalu terang-terangan memperlihatkan rasa cemburunya, ini penting untuk menjaga harga dirinya. Sebab tidak jarang suami merasa kurang nyaman bila rasa cemburunya diketahui oleh orang lain, termasuk oleh istrinya yang sedang ia cemburui. Yang biasa dilakukan laki-laki dalam kecemburuannya adalah :

- Berusaha tidak peduli (pura-pura tak acuh).

- Ada suatu kesedihan dari matanya, yang menandakan dia cemburu.

- Banyak ngomel (padahal aktivitas ini biasanya istri, lho).

- Pengin sesuatu kepada istrinya, tapi sungkan memintanya kepada istri.

Suami yang cemburu terhadap istrinya (bukan cemburu buta), artinya ia masih cinta, perhatian dan masih memiliki hasrat terhadap pasangannya…^_^

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008