Kamis, 17 Desember 2009

Tips Tampil Percaya Diri

Tidak mudah bagi setiap orang memiliki rasa percaya diri atau pede. Terlebih bagi seorang wanita, kecenderungan dominasi perasaan pada diri setiap wanita-lah yang justru membuat kaum Hawa sering mempunyai masalah kepercayaan diri ini.

Padahal, sikap yang satu ini tak pelak lagi menjadi sikap mutlak bagi Anda yang ingin sukses dan maju. Bagi yang masih merasa kurang pede, tidak ada rumus atau terapi khusus untuk mendapatkan kepercayaan diri itu secara sempurna. Anda hanya cukup melakukan hal-hal yang positif dari hari ke hari hingga rasa pede ini akan timbul dengan sendirinya. Untuk itu, Anda dapat mencoba menerapkan strategi sederhana berikut dan rasakan hasilnya.

Gerakkan Tubuh,
Sempatkan untuk bergerak kapan pun Anda punya waktu luang. Yang sederhana yang bisa anda lakukan, seperti bersepeda, lari atau berenang. Olah raga (gerak badan) pada dasarnya dapat menyehatkan terutama otak dan paru-paru, meningkatkan stamina dan daya tahan, juga mengontrol emosi seperti rasa ingin marah bahkan rasa frustasi. Gerak badan yang teratur akan berakibat positif terhadap tubuh Anda. Pertama, wajah yang kelihatan lebih segar. Kedua, tubuh yang bugar dan tak lekas lelah. Mulailah sekarang juga!

Perhatikan Gaya Berbusana Anda
Bicara busana bukan berarti bicara mode. Yang terpenting adalah bagaimana kita ingin orang lain menilai kita saat pertama mereka bertemu kita. Bukan tak mungkin mereka akan merasa tak akan nyaman, apalagi percaya terhadap orang yang mengenakan busana asal jadi saja.

Kebersihan dan Kerapihan baju
Perhatikan apakah baju Anda sudah kusam warnanya, atau ada benang/kancing yang lepas. Hal-hal kecil seperti ini bisa merusak penampilan sekaligus membuat Anda tampak seperti orang yang sembrono.

Kondisi Sepatu
Walau busana Anda sudah rapi, kondisi sepatu yang kotor atau yang ada cacatnya bisa mengurangi nilai penampilan Anda, percuma kan?

Tersenyumlah
Jangan pasang wajah muram, apa salahnya sih menyunggingkan senyum yang segar dan optimis? Dengan tersenyum, dijamin Anda akan merasa lebih baik!

Bernapaslah
Saat-saat sibuk di kantor kadang bisa membuat Anda mudah tersinggung, sensitif bahkan lekas marah. Untuk menyiasatinya, curilah sedikit waktu untuk menyendiri dan bernapaslah dengan optimal.

Caranya? Tarik napas sampai perut menjadi kempis dan hembuskan sebebas-bebasnya dengan menjatuhkan perut sampai Anda terasa lega. Lakukan dimana saja, di ruang kantor, di lift atau di kamar mandi. Waktu bernapas ini akan membantu Anda untuk kembali berenerji dan bekerja dengan lebih tenang.

Disiplin
Usahakan untuk menepati semua janji yang telah Anda buat. Hadirlah tepat waktu dan fokuskan diri Anda saat bertemu seseorang atau memimpin rapat misalnya. Jika Anda disiplin terhadap semua hal, orang lain juga akan menilai Anda sebagai orang yang bisa dipercaya dan bisa diajak bekerjasama, singkatnya; profesional!

Memberi & Menerima
Berikan apa yang Anda inginkan. Contohnya, jika Anda ingin dihargai, hargailah orang lain. Jika Anda ingin sukses, bantulah orang lain untuk bisa sukses juga atau jika Anda ingin merasa bahagia, bahagiakanlah orang lain.

Percayalah, saat Anda mengeluarkan enerji yang positif, itu artinya Anda juga menciptakan sebuah atmosfir yang positif pula.

-dari berbagai sumber-

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008