Minggu, 06 September 2009

Perbedaan

Hidup ini diperkaya oleh perbedaan-perbedaan. Manusia itu jadi menarik satu sama lainnya karena mereka berbeda satu dengan yang lain. Menarikkah hidup ini bila hanya terdiri atas wanita atau pria saja? Manusia tertarik satu dengan yang lain karena mereka berbeda. Disamping perbedaan pria & wanita, manusia masih mempunyai perlbagai macam perbedaan. Perbedaan; latar belakang keluarganya, pandangan hidupnya, sifat dan wataknya, karakter, perangai, cara berfikir, dan lain sebagainya.

Hidup manusia menjadi menarik dan dinamis justru karena adanya perbedaan-perbedaan. Patut kiranya kita mensyukuri perbedaan itu. Tak perlu harus seragam dalam segala hal. Biarlah yang satu tetap tak sama. Kita harus berikan kesempatan kepada setiap orang untuk hidup dan berkembang sesuai dengan potensinya masing-masing. Dan kita, memang perlu tuk menerima mereka yang berbeda agar hidup ini menjadi lebih indah dan ber-variasi karena perbedaan itu.

Ini semua, tentu saja membutuhkan pengorbanan dan perjuangan. Minimal, menuntut kita keluar dari diri sendiri. Melihat orang yang berbeda dengan kita, mengerti mereka, menerima mereka, dan saling memaklumi. Untuk orang yang selama ini aman dengan diri sendiri dan hanya mau hidup dalam lingkungannya yang tertutup, membuka diri tidaklah mudah.

Keterbukaan memerlukan sikap saling menerima dari mereka yang saling berbeda. Ditempat ini, dalam asrama, dalam kampus atau, dimanapun kita berada; akan bertemu dengan macam-macam orang yang berbeda sikapnya, latarbelakang, pandangan hidup dll. Sebetulnya, kita diperkaya dan dipersiapkan untuk dunia itu.

Sadarkah, bahwa kita tidak mungkin bisa hidup sendiri. Karena manusia adalah Homo social yang selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Lalu, mengapa kita mesti takut akan perbedaan?

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008