Sabtu, 10 Desember 2011

Akunku Di Hack Orang

Hari senin malam, saya masih ber-enjoy ria masuk akun facebook saya. Ketika saya bangun tidur hari selasanya, tiba-tiba akun sudah tidak bisa dibuka meski saya mengulang-ulang kata sandi. Rasa panic-pun tiba-tiba menyeruak ketika ada warning dari FB berikut ini;

------------------------------------------------------------------
Your account is temporarily locked.

Someone recently answered your security question correctly in order to try to access your account.
Was this you? If so, click the "Okay" button and you'll be able to log in to your account within 24 hours with the new email and password you chose.

If this wasn't you, click the "This wasn't me" button to secure your account.
--------------------------------------------------------------------

Karena panik, maka saya klik saja “Okay”; ternyata kembali ke awal ketika mau masuk ke facebook. Lalu, saya coba klik yang satunya; "This wasn't me", wah malah tambah ruwet urusannya. Harus ini-itu dan lain sebagainya.

Akhirnya, dialog diatas saya share-kan ke teman-teman di Group. Tak berselang lama, ternyata teman-teman saya yang lain juga pernah mengalami kasus yang serupa, sebut saja; Kurniawati Adiputri & Halimi Zuhdy.

Lalu, disusul beberapa saran dan nasihat dari teman-teman yang lain:

Heri Cahyo: “itu ada yang coba membajaknya... dan memang itu harus via komputer, biasanya kita di minta VERIFIKASI aapakah memang banr2 kita yang akan masuk, dan ditanya beberapa hal,,, ikuti saja... sekarang kan sudah bisa? GANTI PASWORD dan EMAIL”.

Bambang Ikbal: “Banyak yang kejadian seperti ini....mudah"an bukan beneran di hack. Tipsnya coba login via komputer...ikuti step"nya dari . Kesalahan yang banyak terjadi adalah bukan di hack, tetapi login bersamaan di PC dan hape, serta kebijakan efbi meminta perhatian member agar mengganti password minimal enam bulan sekali. Bisa juga karena seringnya buka FB di beberapa media seperti seluler, PC dan laptop dan lupa untuk log out. Jadi dianggap laptop belum logout trus login pake hape tidak logout juga pake lagi komputer....jadi dianggap ada yg hacked karena IP-nya device berbeda" tapi masuk ke satu akun efbi....solusi sementara logout dari semua device, lalu login via komputer atau laptop saja....ikuti petunjuk efbi buat cara mengembalian akun anda".

Hazil Aulia: “Perkiraaan saya mungkin ada yang "nyoba" karena pesannya adalah "Someone recently answered your security question correctly in order to try to access your account." Saya tidak pernah menyimpan "username" dan "password" saya, dan selalu fasilitas penghapusan segala macam cookies dan history dari browser saat browser saya tutup..”.

Membaca saran dan nasihat teman-teman saya diatas, malah kepala jadi mumet bin puyenk, nih. Akhirnya, saya minta bantuan Mas Bambang Ikbal yang mengerti tentang IT. Karena saya khawatir, kalau saya utak-atik malah jadi gak karuan akun tersebut. Dengan memberinya email & password untuk masuk ke email serta akun FB saya.

Beberapa saat kemudian, Mas Ikbal memberi saya warning melalui inbox; “Ustadz, mohon akun-nya jangan di utak-atik dulu selama 2 X 24 jam karena FB pusat meng-karantina-nya demi security. Saya jawab; “Oke… Saya menunggu kabar dari Mas Ikbal selanjutnya aja deh…”.

Tadi malam, saya coba buka akun saya ini, ternyata sudah diganti ma pihak FB passwordnya dan diminta untuk confirm melalui email. Shubuh tadi, saya mengirimkan SMS ke Mas Ikbal tentang notif-nya FB yang demikian. Menerima SMS saya, Mas Ikbal langsung online untuk mengetahui notif tersebut.

Kemudian, tidak pakai lama, Mas Ikbal memberitahu saya kalau notif FB itu meminta kepada Si Pemilik Akun untuk mengaktifkan akun melalui Windows 7 dan memakai firefox. Akhirnya, saya ikuti nasihat dari Mas Ikbal dengan mematuhi petunjuk dari FB. Dan alhamdulillah... Akun saya akhirnya pulih...^_^

Biasanya, FB akan memverifikasinya dengan; mengenali foto teman atau pertanyaan pribadi yang telah anda buat. Saran saya, lebih baiknya anda membuat pertanyaan pribadi daripada verifikasi foto teman karena kalau teman kita lebih dari 500an, maka akan kesulitan untuk memvefikasinya apa ia benar-benar teman kita apa tidak karena terkadang, kita berteman dengan seseorang yang tidak kenal dengan kita di dunia nyata.

Terimakasih Mas Ikbal. Semoga Allah membalas kebaikan anda dengan yang lebih baik. Amin..
Semoga manfaat…

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008