Senin, 12 Oktober 2009

Kami Semua Merindukanmu, Wahai Tengku...


Beliau adalah Dr. Tgk. Sulaiman Ismail, M.Ag. Lahir di Desa Baru, Sekuelen Lokop Aceh Timur pada tanggal 25 Mei 1959. Perawakannya tinggi, berjanggut rapi, suka pakai baju koko/takwa & ciri-ciri khususnya adalah senantiasa memakai peci bundar khas melayu.

Aku mengenalnya ketika beliau tinggal di Wisma Ta’mir UIN Malang 6 tahun yang lalu. Perkenalan pertamaku dengan beliau biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa. Namun, hari demi hari aku terkesan & ta’zhim ma beliau karena akhlak & keislamannya yang sangat kental. Selama ini, aku belum menemui seorang Ust yang seperti beliau. Baik keilmuannya, akhlaknya & pengamalan keislamannya.

Hari sabtu malam beliau sekeluarga mengunjungi rumah kontrakanku di Desa Karangbesuki-Malang. Subhanallah, beliau jauh-jauh dari Surabaya masih saja menyempatkan waktu untuk datang ziarah ke anak angkatnya ini. “Kapan lagi Ust & keluarga bisa ziarah ke rumah ananda ini kalau tidak sekarang. Ananda juga harus punya himmah untuk mengunjugi Ust di Aceh nantinya”, ujar beliau dengan keadaan lelah karena perjalanan jauh.

Beliau, Ustadz Sulis (sapaan akrabnya) telah di wisuda gelar doktornya di IAIN Sunan Ampel Surabaya hari sabtu pagi tanggal 10 Oktober 2009 kemarin. Melihat umurnya yang hampir 50 tahun, membuatku jadi malu untuk tidak “menggantungkan cita-cita” setinggi langit. Meski umur beliau hampir “senja”, tapi kegigihannya & semangatnya dalam menuntut ilmu patut diacungi jempol.

Ya Allah, aku berbahagia mempunyai ayah angkat seperti beliau. Meski beliau bukan ayah kandungku, beliau bagaikan ayah kandung sendiri. Semoga ikatan ini senantiasa terjalin sampai kapankun, wahai ayahanda Sulis. Bahkan sampai di Syurga kelak. Amin, ya robb…

Dari beliaulah, aku mengenal Islam yang ramah, Islam yang sejuk, Islam yang penuh kedamaian. Satu nasihat dari beliau yang selalu terngiang di hati & pikiranku adalah: “ Jangankan berbuat jahat, ananda. Berpikiran licik pun janganlah ada dalam hati kita”.

Semoga Allah yang Ar-Rahman & Ar-Rahim senantiasa merahmati Ust Sulis sekeluarga. Memberikan keberkahan terhadap ilmu & gelar yang Ust raih. Dan selalu memberikan pencerahan & inspirasi terhadap manusia lainnya.

Selamat jalan, wahai Abi..
Selamat berdakwah, wahai Ustadzi..
Selamat menyebarkan Islam yang rohmatan lil ‘aalamiin, wahai Mursyidi…

Kami anak-anakmu yang ada di Malang, senantiasa merindukanmu…

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008