Kamis, 17 November 2011

Manfaat Daun & Buah Keres

Satu lagi, pohon dan buah yang sering kita jumpai dilingkungan kita adalah pohon dan buah keres. Di depan ruko mertua saya, ada pohon keres yang saya & aza suka bermain dibawah pohonnya sambil memetik buah keres yang telah masak. Biasanya, buah keres yang masak ini berwarna merah. Namun, berwarna agak kekuning-kuningan saja sudah bisa dimakan sebenarnya. Rasanya bagaimana? Rasa dari buah keres ini manis sekali, lebih manis dan enak daripada buah ciplukan.

Karena pohon dan buah ini tidak asing dilingkungan saya, maka saya coba-coba browsing untuk mencari tahu manfaat dan kandungan buah keres ini. Nah, inilah beberapa informasi yang patut anda ketahui juga tentang buah keres.

Kersen atau keres, pohonnya lumayan tinggi, awalnya tumbuh semai liar di tepi jalan, selokan atau di kebun kita. Tumbuh dengan cepat (biasanya dibiarkan saja) membesar sebagai pohon naungan. Walau sekarang banyak dipakai hanya sebagai tanaman peneduh, sebenarnya tanaman ini mempunyai manfaat kesehatan yang sangat berguna.

Kersen berasal dari Amerika tropis (Meksiko Selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai Peru dan Bolivia). Dibawa masuk melalui Filipina pada akhir abad-19 dan lalu dengan cepat menyebar diseluruh wilayah teropis Asia Tenggara.

Jus buah kersen, bahkan memiliki kandungan yang lebih baik daripada minuman isotonik yang telah menyebar dipasaran keluaran pabrik. Jus keres dikatakan memiliki kandungan yang lebih dibutuhkan seorang atlet, yaitu untuk mencegah cendera otot saat beraktivitas.

Beberapa kandungan yang dipunyai buah kersen adalah setiap 100 gram bagian buah yang dapat dimakan kira-kira mengandung;

- Air = 77,8 gram
- Protein = 0,324 gram
- Lemak = 1,56 gram
- Karbohidrat = 17,9 gram
- Serat = 4,6 gram
- Kalsium = 124,6 gram
- Fosfor = 84 gram
- Besi = 1,18 gram
- Karoten = 0,019 gram
- Thianin = 0,065 gram
- Riboflavin = 0,019 gram
- Citamin C = 80,5 mg
- Nilai Energinya = 380 kJ/100 gram.

Di Indonesia, banyak juga masyarakat yang menggunakan buah ini secara tradisional untuk mengobati penyakit asam urat. Biasanya apabila serangan datang, mereka mengkonsumsi buah kersen 9 butir, tiga kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Sedangkan untuk daun kersen, secara tradisional telah lama digunakan di Peru dengan pemakaian seperti mengkonsumsi teh (dibuat seduhan atau rebusan) untuk menghilangkan rasa sakit seperti sakit kepala dan juga antiradang.

Berikut adalah Data Ilmiah tentang Keres:

1. Antiseptik
Rebusan daun keres ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun keres terbukti dapat membunuh bakteri C.Diptheriae, S.Aureus, P.Vulgaris, S.Epidemidis, dan K.Rhizophil. Diduga aktivitas bakteri dari daun kersen ini karena adanya kandungan seperti tanin, Flavonoids dan Saponin yang dipunyainya.

2. Anti-inflamasi
Rebusan daun keres juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (anti-inflamasi) dan juga menurunkan panas.

3. Antitumor
Daun keres dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, kandungan senyawa Flavonoid yang dipunyai daun keres ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara laboratoris.

Semoga bermanfaat informasi tentang keres ini...^_^

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008